Minggu, 10 Oktober 2010

Ramai Beralih ke Cloth Diaper

Satu hal yang kerap kali dikeluhkan oleh bunda dengan bayi adalah kerepotan untuk mencuci popok kain setiap bayi pipis atau buang air besar. Bayangin aja, bayi bisa pipis setidaknya enam kali dalam sehari dan ketika pipis tidak hanya membasahi popok saja melainkan jga sprei atau kain untuk menggendong. Cukup repot juga kan? Belum lagi jika ditambah dengan buang air besar.

Lalu muncul produk diapers sekali pakai yang digunakan sebagai solusi mengatasi kerepotan bunda. Berbagai macam merk pun muncul menawarkan berbagai kelebihan. Ada yang menawarkan kelebihan bisa kering samapai 12 jam. Salah satu merk mengklaim produk mereka anti bocor. Diapers sekali pakai pun jadi naik daun. Orang tua banyak yang menggunakan nya dengan alasan kepraktisan.

Seiring dengan meningkatnya kepopuleran popok sekali pakai, muncul berbagai kritikan. Macam-macam alasannya. Yang pertama adalah alasan lingkungan. Popok sekali pakai disebut tidak ramah lingkungan karena terbuat dari bubur kayu yang menebang pohon-pohon di hutan. Alasan kedua adalah masalah polusi. Popok sekali pakai yang sudah dibuang ke tempat pembuangan akhir memerlukan setidaknya 500 tahun untuk terurai. Woww….keburu penuh dengan sampah popok dong kalo gitu ya. Selain itu membuang popok sekali pakai ke pembuangan sampah reguler berpotensi menyebarkan penyakit kepada masyarakat.

Lalu, adakah solusi cerdas untuk membantu bunda tapi juga ramah lingkungan?? Beberapa tahun terakhir muncul produk cloth diaper. Cloth diaper sebetulnya adalah popok kain biasa. Tapi yang bikin tidak biasa, popok ini tidak bocor karena terbuat dari bahan tak tembus air di bagian luar. Permukaan dalam tetap menggunakan kain sehingga tidak menimbulkan iritasi pada bayi.

Cloth diaper pun tidak menambah kerepotan bunda karena ketika sudah digunakan selama 2-3 jam, cloth diaper bisa diganti dengan yang baru. Rata-rata satu hari bayi bisa menggunakan 6 - 10 cloth diaper. Karena dapat dicuci dan kotorannya pun bisa langsung dibuang di septic tank, cloth diaper adalah solusi ramah lingkungan untuk bunda
Female.Store adalah perusahaan penjualan online di Mampang, Jakarta Selatan

http://blog.store.co.id/?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar